image image image
Perumahan Attakkae Perumahan adat Attakkae terdapat di pinggiran Danau Lampulung, kelurahan Attakkae Kecamatan Tempe sekitar 3km sebelah Timur kota Sengkang pada Tahun 1995. Kawasan ini merupakan gambaran sebuah perkampungan Bugis dimana terdapat duplikat rumah tradisional yang di himpun dari berbagai kecamatan sehingga kawasan ini representatif sebagai tempat pelaksaan pameran, seminar dan antraksi budaya permainan rakyat.
Profil Wakil Bupati Wajo PROFIL WAKIL BUPATI WAJO   Nama : DR.H.ANDI SYAHRIR KUBE, SE, M.Si Tempat Lahir : Sengkang Tanggal Lahir : 19 Mei 1963 Alamat : Jl.Pahlawan Kelurahan  Kab. Wajo Agama : Islam Pekerjaan : Wakil Bupati Wajo
Status Perkawinan : Kawin Nama Isteri : Hj. Andi Ukmah Anas,SH
Anak : 4 Orang Riwayat Pendidikan : - SD Negeri Barru Tahun 1975
- SMP Negeri 1 Barru Tahun 1979 - SMA Negeri 4 Makassar Tahun 1982 - S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu - S2 Fakultas Ekonomi UNHAS Tahun 2008
Riwayat Pekerjaan : - Kepala Seksi Bina Program Dinas Peternakan Kab.Polewali Tahun 1994 - Kabid Ekonomi BAPPEDA Kab.Polewali Mamasa Tahun 1996 - Kasubbid Analisa Data dan Publikasi BAPPEDA Prov Sulsel Tahun 2006 - Kabid Ketahanan Masyarakat BPMDK Prov Sulsel Tahun 2009 - Wakil Bupati Wajo Periode 2014-2019
Hasil Sutera Hasil sutera kerajinan dari Kabupaten Wajo ini sangat indah bila dijadikan sebagai baju adat ataupun sebagai baju adat Sulawesi seperti baju bodo. Sutera dari Kabupaten Wajo ini sangat terkenal hingga ke luar negeri karena kualitas dan model yang bagus.

Berita

Ibu Ayunsri Syahrul Adakan Pengobatan Gratis

KETUA TIM PENGGERAK PKK SULSEL ADAKAN PENGOBATAN GRATIS

Ketua TP.PKK Sulsel nengunjungi salah seorang peserta pengobatan gratis di bagian gigiKetua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Drg.Hj.Ayunsri Syahrul meresmikan rumah pintar di Desa Tadangpalie Kecamatan Sabbangparu pada hari Sabtu,3 Nopember 2012. Ayunsri yang tiba sekitar pukul 15.00 waktu setempat, selain meresmikan penggunaan rumah pintar yang merupakan bantuan dari SIKIB, juga melepas secara resmi Tim Safari Kesehatan yang beranggotakan sebanyak 80 orang lebih. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dr.Abdul Asis dalam laporannya menyampaikan bahwa  Tim safari kesehatan adalah tenaga medis yang akan membantu para dokter di setiap puskesmas dalam pengobatan gratis kepada masyarakat. Tim ini juga  melaksanakan kegiatan bhakti sosial di dua tempat, yakni Kecamatan Sabbangparu dan kecamatan Pammana pada Minggu (4/10) esok harinya.
Kegiatan bhakti sosial tersebut mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat. Seperti kegiatan bhaksos yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Pammana dihadiri oleh ratusan masyarakat dari berbagai desa sekitarnya. Kegiatan berlangsung sejak pagi hari hingga sore hari. Jenis  kegiatan mulai dari chek up tensi/tekanan darah, USG bagi ibu hamil, pemeriksaan gigi,   pemeriksaan dan pengobatan penyakit dalam (interna)dan THT. Pemeriksaan dan pengobatan yang disponsori oleh Generasi Muda 507 ini seluruhnya  tidak dipungut biaya alias gratis. Beberapa dokter spesialis pun diikutsertakan dalam kegiatan tersebut, diantaranya  ahli penyakit dalam,  ahli THT, ahli tulang , ahli saraf, ahli kandungan dan masih banyak lainnya.
Camat Pammana A.Ikhsan menjelaskan bahwa masyarakatnya sudah berkumpul di aula kecamatan sejak pukul 08.00 pagi. "Asal gratis pasti masyarakat suka, mereka bahkan rela ngantri dari pagi  " Ungkap camat.
Sementara itu Bupati Wajo menyambut baik kegiatan bhakti sosial yang dipelopori oleh ibu Ketua Tim Penggerak PKK provinsi tersebut. Bupati juga menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini juga sudah menjadi agenda Pemerintah Kabupaten Wajo. " Tim Safari Kesehatan kita sudah bentuk, tinggal dikoordinasikan daerah sasarannya ,  " ungkap Mantan Sekda Wajo.

   

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H

PEMERINTAH KABUPATEN WAJO

Mengucapkan :

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1433 HIJRIYAH

MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN BAGI SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN WAJO

SEMOGA MOMENTUM HARI LEBARAN INI, DAPAT MENJADIKAN KITA SEBAGAI PRIBADI YANG MEMILIKI KEIKHLASAN UNTUK BERKURBAN BAGI NEGARA, BANGSA DAN DAERAH


BUPATI WAJO,                                    WAKIL BUPATI,


Drs.H.A.BURHANUDDIN UNRU,MM H.AMRAN MAHMUD,S.Sos,M.Si

 

SEKRETARIS DAERAH,


Drs.H.A.WITMAN HAMSAH,M.Si

 

 

   

Bupati Wajo Bertekad Berantas Kemiskinan

BUPATI WAJO “ PEMBERANTASAN KEMISKINAN MERUPAKAN PRIORITAS UTAMA ”

Persoalan kemiskinan merupakan fenomena global yang terjadi hampir di seluruh negeri. Penanganan masalah kemiskinan pun perlu disikapi dengan bijak, terarah dan terintegrasi dengan berbagai sektor. Karenanya peran berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, para pekerja sosial diperlukan dalam menangani permasalahan kemiskinan tersebut. Terlebih dalam memberikan masukkan (input) dan melakukan perencanaan strategis (strategic planning) tentang apa yang akan menjadi suatu kebijakan dari pemerintah.
Kemiskinan yang merupakan ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Wajo sejak 3(tiga) tahun terakhir. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, tetapi ada juga yang melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.
Di Kabupaten Wajo sendiri,  Pemerintah daerah terus menggenjot program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Barometernya pun jelas, yakni penciptaan lapangan kerja yang luas dan layak bagi masyarakat. Salah satunya adalah program pencetakan sawah agar masyarakat memiliki lahan pekerjaan yang banyak, program pembuatan bendung gerak di Kawasan Danau Tempe untuk menjaga intensitas air agar tidak surut pada musim kemarau, sehingga para nelayan tetap dapat beraktivitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, dan berbagai program lainnya yang pro-rakyat.  
Sementara itu, Bupati Wajo H.A.Burhauddin Unru menganggap bahwa persoalan kemiskinan harus dapat dilihat dari sudut pandang secara universal/menyeluruh. Dirinya beranggapan bahwa munculnya kemiskinan di masyarakat bukan sesuatu yang lahir dan berkembang secara alami atau bukan tanpa sebab. Masyarakat Kabupaten Wajo memiliki tipikal atau karakter sebagai masyarakat yang kuat bekerja. Menurutnya peran pemerintah sangat dibutuhkan sehingga harus mampu melahirkan kebijakan yang pro rakyat, serta bersinergi satu sama lain. Lebih lanjut Andi Burhanuddin juga menjelaskan bahwa hemdaknya seluruh program dan kegiatan memiliki nilai guna bagi masyarakat, sehingga berimplikasi kepada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat. “ Pemerintah Daerah sedang menjajaki hubungan kerja sama dengan investor Gula Tebu dan Kelapa Sawit, yang nantinya akan menyerap tenaga kerja lokal yang banyak, sehingga sedikit demi sedikit angka pengangguran dapat kita kurangi setiap tahunnya“ ungkap Andi Burhanuddin. Lebih lanjut bupati juga menjelaskan bahwa berbagai program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah adalah program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya adalah program pemberian bantuan modal usaha yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial,Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Wajo, sebagai bsalah satu unit kerja yang memiliki akses cukup penting dalam penanganan persoalan-persoalan kemiskinan.(Sumber : Harian Fajar, Senin 29/10 )

   

Bupati Wajo Irup Peringatan Sumpah Pemuda Ke-84

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Berlangsung Hikmat dan Sederhana

Sengkang, 29-10-2012

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-84 tahun 2012 ini, dilaksanakan secara sederhana bertempat di lapangan Merdeka Sengkang (29/10). Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Bupati Wajo H.A.Burhanuddin Unru. Selain bupati, tampak hadir Wakil Bupati Amran Mahmud, Dandim 1406 Letkol Inf.Jefry Octavian Rotty , Ketua DPRD Yunus Panaungi , Ketua KNPI Kabupaten Wajo dr.Baso Rahmanuddin serta sejumlah pimpinan organisasi kepemudaan lainnya.
Pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 tahun ini mengusung tema  "Dengan sumpah pemuda kita mantapkan kemandirian ,kreativitas dan identitas kebangsaan menuju komunitas ASEAN 2015 "
Pada peringatan sumpah pemuda tersebut, terdapat parade Pakaian Adat dari Sabang sampai Merauke , dan dilanjutkan dengan  Pembacaan Ikrar Pemuda yang dibacakan oleh Hasanuddin,S .Pd dan Andi Nuryani.
Bupati Wajo H.A.Burhanuddin Unru yang bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI DR.A.Alfian Mallarangeng. Dalam amanatnya   pemuda memiliki fungsi yang strategis dalam mengisi dan melanjutkan kemerdekaan.Pemuda diharapkan mampu membangun identitas kebangssaan yg lebih kokoh dan mertabat, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
Disamping itu, Kementerian Pemudan dan Olahraga terus berupaya meningkatkan program-program kepemudaan diantaranya melalui Program Pemuda Pelopor. Pihak kementerian pemuda juga tengah menggagas lahirnya Undang-undang kepemudaan yang akan diberlakukan secara efektif pada 2013 mendatang.
Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan. bantuan dari BNI Cabang Sengkang kepada Bupati Wajo berupa 1 (Satu) unit motor sampah atas prestasi pemkab dalam peraihan Piala Adipura 3 tahun berturut-turut.

   

Page 6 of 15

News

 

PENGUMUMAN PENGADAAN
PEKERJAAN KONSTRUKSI
No.: 01.2.UM/PK-NK/IV/2011
Tanggal : 21 April 2011

Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Wajo, akan melakukan pelelangan/pemilihan dengan Metode Pelelangan Umum dengan Pascakualifikasi yang bersumber dari Dana DPA Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wajo Propinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2011, untuk Penyedia Jasa Pekerjaan Konstruksi, Kualifikasi Usaha Non Kecil dengan rincian pekerjaan sbb :

 

 

No

Nama Paket dan Lingkup Pekerjaan

 

Nilai PAGU

 

Persyaratan Penyedia Jasa
1

PEMELIHARAAN/PENINGKATAN JALAN
Lanjutan Pemel.  Jalan  Ruas Kaluku – Lompoloang  (Ruas : No.79)
Lokasi : Kec. Pitumpanua
JENIS : (HOTMIX)
VOL.   : 8.415 x 4,50 M

DAK

8.070.260.000

SBU Bidang Sipil(2200) Subbidang (22001), Memiliki Sumberdaya Manusia & Peralatan untuk melaksanakan Pekerjaan tersebut (khusus AMP berlokasi dengan jarak radius maks.90 Km atau waktu tempuh tidak lebih 3 Jam ke Proyek.
2

Pemeliharaan Jalan Ruas Bulete-Belawae
(Ruas No.38) Lokasi : Kec. Pitumpanua
JENIS : (HOTMIX)
VOL.   : (8.400 x 4,5 + 2.400 x 4,0)M

APBD

9.440.000.000

----- SDA-----
3

Pemeli. Jalan Ruas Lalliseng-Pattirolokka
(Ruas No.84) Lokasi : Kec. Keera
JENIS : (HOTMIX) VOL.   : 4.150 x 4,0 M

APBD

4.900.000.000

----- SDA-----
4

Pemel. Jalan Ruas  Menge – Lancirang

(Ruas No.67)
Lokasi : Kec. Belawa
JENIS : (HOTMIX)
VOL.   : 605 x 4,0 M

APBD

500.000.000

----- SDA-----
5

Pembangunan Jalan Beton Ruas Desa
WorongE -  Sampai Ktr. Desa (Ruas No.109)
Lokasi : Kec. Sabbangparu JENIS : (Perkerasan Beton Semen) VOL.   : 800 x 5,5 M

APBD

1.500.000.000

----- SDA-----
6

Pembangunan Jalan Beton Ruas Jalang-
CenranaE (Ruas No.85) Lokasi : Kec.Sajoanging
JENIS : (Perkerasan Beton Semen) VOL.   : 1.144 x 5,0 M

APBD

1.500.000.000

----- SDA-----
7

Peningkatan Jalan Ruas Tanete - Awo
(Ruas No.82) Lokasi : Kec. Keera
JENIS : (HOTMIX)VOL.   : 3.500 x 4,0 M

APBD

3.900.000.000

----- SDA-----

 

Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Tanggal 25 April s.d. 10 Mei 2011. Rincian Jadwal, Paket dan Data Lelang dapat diperoleh di Sekretariat ULP Kabupaten Wajo   di Jl. Bau Mahmud No.191 Sengkang (90912) Provinsi Sulawesi Selatan (Catatan : Pendaftaran oleh Calon Penyedia atau yang mewakili dengan Surat Kuasa (bermaterai Rp.6000) serta memperlihatkan asli dan menyerahkan copy tanda Pengenal dan   menyerahkan Copy IUJK & SBU  ke ULP (Pokja-Jasa Pemborongan Non Kecil) serta membawa Stempel Perusahaan.

 

Sengkang, 21 April  2011
Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa
Kabupaten Wajo

 

TTD

Pokja Pengadaan Pekerjaan Konstruksi
Kualifikasi Usaha Non Kecil


 

Read more

Galeri

Menganyam Sutera

Poling

Tanggapan Anda tentang Website ini ?

Link Banner

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday189
mod_vvisit_counterYesterday238
mod_vvisit_counterThis week1974
mod_vvisit_counterThis month5162
mod_vvisit_counterAll255116